Sunday, 25 October 2015

Cara Menanam Tomat Dalam Polybag

Cara menanam tomat dalam polybag adalah salah satu cara memudahakan anda untuk menanam tanaman yang tidak menggunakan media tanah langsung, dengan cara ini tentu akan menghemat tempat. Tomat memang salah satu sayuran atau buah buahan yang sangat bagus di konsumsi, untuk itu tanaman ini bisa di tanam di berbagai daerah , baik dataran tinggi maupun rendah tergantung pada varieties tomat tersebut.

Cara Menanam Tomat Dalam Polybag

Tanaman tomat ini bisa di tanam dengan berbagai media yaitu media tanah langsung, media hidroponik, dan media pot atau polybag namun pada kesemapatan kali ini saya akan membahas dengan media polybag.

Pemilihan Benih Tomat Dalam Polybag 

Banyak orang membedakan tomat dari segi bentuknya , pada umunya tomat terbagi menjadi 4 bentuk dengan nama dan kualitas yang berbeda . namun yang sebaiknya di tanam adalah tomat buah yang berbentuknya bulat dengan pangkal mendatar dan mempunyai rasa asam ke manisan dan umumnya tomat ini untuk di masak atau untuk di jus.

Untuk hasil yang maksimal tentunya menggunakan benih unggulan, anda bisa bertanya langsung ke took pertanian tentang “bening unggulan tomat” .

Penyemaian Benih Tomat Dalam Polybag

Cara menanam tomat dalam polybag tentu harus memperhatikan dalam tahap penyemaian, karena tahap ini mempunyai peranan penting. Benih harus melalui tahap penyemaian, agar menghasilkan tanaman yang unggul .

Proses penyemaian ini di lakukan dengan cara menyiapkan media penyemaian dengan campuran kotoran hewan dan tanah . untuk penggunaan kantong polybag berbeda dengan polybag budidaya, untuk penyemaian ini menggunakan kantong yang berukuran 7-9 cm . lalu setiap kantong di isi padat dengan media penyemaian .

Sebelum benih disemai debaiknya benih di rendam dalam air hangat, ambil benih yang tenggelam dan buang benih yang mengapung, karena bening mengapung tidak berisi alias kosong. Selanjutnya benih tersebut di masukan ke polybag penyemian dengan kedalaman 3-4 cm .
Lakukan perawatan penyemaian dengan penyiraman yang cukup, dan beri pupuk organic cair untuk hasil yang lebih bagus. Tanda tanda penyemaian sudah siap di pindahkan dengan adanya 4-5 daun , dan tanaman tomat siap di pindahkan ke polybag budidaya.

Pemindahan Tomat Ke Polybag Budidaya.

Cara menamam tomat dalam polybag selanjutnya memasuki tahap penanaman pada media budidaya, yang pertama harus di siapkan adalah persiapan media tanam yaitu menggunakan tanah, arang sekam, dan kompos dengan perbandingan 2:1:1 dan di tambah EM4 sebaiknya media ini di kompos dulu beberapa hari untuk menghasilkan media yang lebih bagus.

Cara Menanam Tomat Dalam Polybag


Setelah media di kompos beberapa hari , siapan kantong polybag dengan ukurn lebih dari 30 cm untuk menahan batang tomat tersebut, semakin besar semakin bagus . masukan media tanam kedalam kantong dengan padat, setelah padat buat lobang tengah untuk memasukan penyemaian benih tomat. Setelah siap media penanaman tomat pindah , penyemaian dengan medianya kedalam polybag budidaya dengan hati hati, setelah semuanya selesai memasuki tahapan pemeliharaan dan perawatn.

Pemeliharaan dan Perawatan Tomat dalam Polybag

Tahapan terakhir dalam Cara menanam tomat dalam polybag adalah kita harus tahu bagaimana pemeliharan dan perawatan yang benar . untuk itu anda harus melakukan penyiraman yang rutin yang di lakukan 2-3 hari dengan tambah POC atau pupuk cair dalam penyiraman untuk menghasilkan hasil yang maksimal.

Penambahan pupuk organic, berupa kompos atau kotoran hewan sangat bagus Dallam pertumbuhan tomat. Setelah pemeliharaan dan perawatan dilakukan rutin maka akan menghasilkan tomat yang unggul.

Cara Menanam Tomat Dalam Polybag Rating: 4.5 Diposkan Oleh: awaludin pro

0 comments:

Post a Comment