Sunday, 25 October 2015

Cara menanam terong dalam polybag

Cara menanam terong dalam polybag adalah solusi bagi anda yang hidup di perkotaan atau tidak mempunyai lahan luas untuk tanaman terong ini. penanaman pada polybag tentu lebih efektif dan efisien karena tidak membutuhkan banyak tempat. Terong adalah salah satu jenis sayuran yang banyak di konsumsi oleh orang Indonesia , sayuran in mempunyai berbagai maca jenis . terong yang tumbuh di Indonesia mempunyai berbagai jenis teroang diantaranya teronag gelatik, terong kopek, terong medan dan lainya.
Cara menanam terong dalam polybag


Penananaman terong ini hampir disetiapd dataran tinggi maupun rendah mampu menanam terong, yang terpenting adalah sinar matahari yang dibutuhkan pada terong terpenuhi. Tidak hanya itu terong adalah salah satu jenis tanaman musiman dan musim yang paling bagus untuk menanam terong adalah musim kemarau seperti saat ini.

Pemilihan benih Terong dalam Polybag

Pemilihan benih tentu hal yang paling utama dilakukan untuk mendapatkan benih unggulan, dengan benih unggulan tentu diharapkan mampu menghasilkan kualitas super dan menghasilkan terong dalam jumlah banyak untuk setiap lahan. Kita ketahui jenis terong ada dua yaitu terong lokal maupun hibbrida yang berasal dari luar .

Namun kami menyarankan ,pilihan benih terong yang lokal, karena alasan benih tersebut sudah bisa tumbuh pada tanah lokal, tentu akan menghasilkan terong yang bagus.

Penyemaian benih terong

Proses penyemian sangat pentin, karena bila benih langsung di tanam pada media tanam akan sangat tidak bagus untuk hasil akhirnya, untuk itu penyemian mampu memberikan bibit yang unggul. Proses penyemaian menggunakan kantong polybag yang berukuran kecil, biasanya menggunakan ukuran 7-9 cm, dan media penyemaian menggunakan campuran kotoran hewan, tanah dan sedikit EM4 untuk menghasilkan media penyemaian yang bagus. Sebelum penyemaian, sebaiknya benih di rendam dengan air hangat untuk menyeleksi benih yang bagus yaitu kondisi tenggelam dan benih yang buruk kondisi mengapung, ini menanadakan benih kosong. Setelah menyeleksi benih, benih di masukan kedalam polybag penyemian yang telah diberi tanah padat, dimasukan kedalam dengan kedalaman 3-5 cm.

Penyemaian yang berhasil dan menghasilkan bibit yang siap tanam dengan bagus cirri cirinya pada umur 1-2 minggu sudah berdaun 3-4 daun abadi. Setelah keluar daun tersebut bibit siap dipindahkan ke media budidaya atau tanam.

Penyiapan Media Tanam Terong dalam Polybag

Media tanam dalam cara menanam terong dalam polybag adalah hal utama yang perlu diperhatikan, karena media tanam ini sebagai hal utama untuk menumbuhkan bibit yang sudah disemai tadi, campuran media tanam yang bagus biasanya menggunakan campuran tanah, dedak, air kelapa, kapur, kotoran hewan dan dicampur dengan EM4. Namun proses tidak selesai sampe situ, media harus dikompos dalam beberapa hari untuk membusukan semua unsure dan menghasilkan media yang siap untuk ditanam.
Cara menanam terong dalam polybag

Persiapan lainya yaitu penyiapan kantong budidaya atau kantong tanam , kantong ini harus berukuran besar minimal ukuranya 30 cm semakin besar semakin bagus, karena untuk menopang tanaman terong agar tidak robot, lalu setelah media siap masukan media tersebut kedalam kantong dengan padat dan rata.

Pemindahan Bibit Terong ke Media Tanam atau Polybag.

Setelah benih terong sudah di semai dan sudah tumbuh daun 3-4 maka bibit tersebut siap di pindahkan ke media tanam atau media budidaya, cara memasukanya yaitu buka plastic pada media penyemaian dan masukan bibit penyemaian dengan tanah kedalam lubang media budidaya yang sudah di siapakan lalu padatkan dengan pelan pelan.

Proses pemindahan bibit penyemaian ini sebaiknya dilakukan pada sore hari karena akan lebih bagus, dan bibit penyemaian mampu tumbuh dilahan baru. Dengan hati hati maka akan mendapatkan tanaman yang bagus .

Pemeliharaan dan Perawatan Tering dalam Polybag

Cara menanam terong dalam polybag tentu akan ada saja hama dan penyakit yang menyerang ini perlu dilakukan tindakan sesegera akan tanaman tidak rusak dan mati .

  • Pemupukan : proses pemupukan sebaiknya menggunakan pupuk organic yang berupa kotoran hewan dengan campuran sisa sayuran yang di kompos, ini akan menghasilkan pupuk yang bagus bagi tumbuhan.
  • Penyiraman : penyiraman sebaiknya dilakukan rutin selama 2-3 hari sekali, dan sesekali campuran air dicampur dengan pupuk cair atau POC untuk menghasilkan tanaman yang bagus.
  • Hama dan penyakit : ketika hama menyerang maka lakukan pencegahan , atau pemusnahan hama dan ketika penyakit pada tanaman terong segera lakukan pengobatan dengan bahan bahan organic seperti daun mimba, mibi, bawang putih dan lainya .

Cara menanam terong dalam polybag Rating: 4.5 Diposkan Oleh: awaludin pro

3 comments:

  1. Dengan cara tanam yang sama kadang hasil bisa berbeda gan... ketekunan juga sangat berpengaruh pada hasil... Salam Sukses...
    Halotani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, meski cara menanam terong di polybag tersebut kita lakukan dengan cara yang sama, hasilnya bisa beda. Tergantung dengan tingkat ketekunan perawat ya :D

      Delete