Friday, 6 November 2015

Panduan Singkat Budidaya Bawang Merah

Budidaya bawang merang memang cukup menggiurkan karena nilai ekonomi dari tanaman ini cukup menggiurkan, bagi kalangan petani bawang merang memang bawang merah mempunyai harga cukup bagus jika di pasaran tidak ketersidaan stock stabil namun jika sedang kebanjiran stok harga akan turun. Untuk itu harus ada penyetabilan ketersediaan stok dengan menanam di luar musim tanam, tanaman ini. Sebelum tahu lebih banyak ada baiknya mengenal dulu apa itu bawang merah .

Panduan Singkat Budidaya Bawang Merah


Bawang merah atau dalam nama latin (allium Ascalonium) merupakan salah satu tanaman horticultura musiman dimana tanaman ini hanya dapat tumbuh di musim tertentu saja. Budidaya bawang merah ini membutuhkan penyinaraan maahari yang cukup di mana dibutuhkan lebih dari 12 jam penyinaraan, dan akan bagus tumbuh di dataran rendah 0 – 900 meter dari permukaan laur. Untuk anda yang ingin berbudaya bawang merah ini cukup mudah untuk itu ikuti langkah langkah berikut ini .

Pemilihan Benih Bawang merah

Dalam memilih benih merah tentu ketersediaan benih di pasaran banyak sekali dari benih lokal hingga benih hibrida , tidak hanya itu saja ketersedia jenis buah ada dua macam yaitu benih biji dan benih umbu yang dipanen tua. Mana yang paling bagus ? untuk penananman bawang merah, biasanya para petani menggunakan benih umbi bawang merah yang di panen tua, dimana dari umbi yang dipanen lebih dari 80 hari.

Pengolahan Media Tanam dan Penanaman Bawang Merah

Proses pengolahan tanah tentu mempunyai peran penting, karena tanah yang bagus maka akan menghasilkan tanaman bawang merah yang bagus . sebelum pembuatan bedengan ada baiknya tanah di campur dengan pupuk kompos atau kotoran hewan untuk menambah nutrisi pada tanah tersebut, setelah itu buat bedengan pada tanah dengan lebar 1-1,2 meter tinggi 20-30 cm dan panjang sesuai dengan kondisi lahan yang tersedia. Pembuatan parit pada bedengan juga di perlukan dengan kedalaman 20 cm, lalu gemburkan tanah yang ercampur dengan kompos dan bentuk pada bagian atas merata tidak melengkung pada umunya.

Penanaman bawang merah sebaiknya menggunakan tanah yang mempunyai PH rendah di bawah 5,6 untuk itu bagi tanah yang mempunyai PH tinggi ada baiknya di tambagkkan kapur atau dolmit 1,-1,5 ton/Ha. Ditambahkan 2 minggu sebelum tanam.

Lakukan penanamanbawang merah , jika umbi bawang merah sudah berumur 2 bulan, namun jika kurang dari 2 bulan bisa di lakukan penanaman namun sebelum itu lakukan pemogesan dimana pemogesan itu adalah pemotongan bagian ujung umbi 0,5 cm, fungsinya sebagi memecahkan masa dorman dan mempercepat tumbuh tanaman . Lakukan oenanaman bawang merdah ini dengan ukuran 15x15 cm ini dilakukan pada musim kemarau namun jika dilakukan pada musim hujan berbeda yaitu ukuran 20x20. 

Perawatan Budidaya Bawang merah

Proses penyiramaan perlu dilakukan secara rutin pada umumnya sampai umur 10 hari bawang merah rutin disiram 2 x sehari yaitu pagi dan sore hari . Pemupukan untuk menghasilkan tanaman yang unggul dimana pemupukan lebih bagus dilakukan ketika tanaman sudah berumur 2 minggu, pemupukan tersebut terdiri dari berbagai campuran pada umunya dilakukan yaitu urea, ZA dan KCI di aduk rata. Pemupukan pada tanaman bawang merah dilakukan pada dibuat puritan pada bedengan tersebut.

Panduan Singkat Budidaya Bawang Merah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: awaludin pro

0 comments:

Post a Comment