Sunday, 1 November 2015

Jenis Jenis Ikan Lele Budidaya

Jenis jenis ikan lele budidaya mempunyai macam jenisnya, namun ketika anda tahu jenis ikan lele yang bagus untuk budidaya, dengan keunggulan jenis tersebut membuat potensial dalam budidaya. Dengan berbagai maca jenisnya, namun tidak semua ikan lele cocok untuk dikonsumsi untuk itu ada harus tahu hal tersebut, untuk mengetahui jenis jenis tertentu saja yang dapat di budidayakan untuk konsumsi. Namun sebelum mengetahui lebih jauh ada baiknya anda mengenal dulu apa itu ikan lele.

jenis jenis ikan lele budidaya


Ikan lele (Clarias Sp) mempunyai habitat yang tersebar di berbagai perairan diantaranya Asia dan Afrika. Iklan lele biasanya hidup di air tawar namun tidak menutup kemungkinan di air paya, ini dibuktikan dengan keberhasilan budidaya lele di daerah pantura jawa, dengan menggunakan kolam bekas bandeng dan udang.

Berbagai maca jenis jenis ikan lele terdapat banyak sekali, lebih dari 1000 jenis di dunia namun di Indonesia hanya 100 jenis saja, namun semua jenis tidak mempunyai kualitas unggul. Untuk itu anda harus tahu kekurangan dan kelebihan masing masing ikan lele tersebut.

  1. Ikan lele Lokal

    Ikan lele local atau dalam nama latinya biasanya disebut Clarias Batrachus ini, merupakan jenis lele yang pertama kali dibudidayakan di Indonesia. Namun seiring berjalanya waktu ikan lele ini tidak bagus untuk budidaya karena beberapa factor yaitu nilai Food Corvetion Ratio (FCR) tinggi, dimana pakan yang di berikan tidak sebanding berat tubuh yang dihasilkan.


    Pada umumya ikan lele lokal ini mempunyai 3 jenis yaitu : lele hitam, lele putih dan lele merah. Dimana ketiga lele tersebut yang paling banyak dibudidayakan yaitu lele hitam .
  2. Ikan lele dumbo . Ikan lele dumbo merupakan salah satu jenis ikan budidaya , namun ikan ini didatangkan dari Taiwan pada tahun 1985. Ikan ini pada zamanya menjadikan faforit bagi pembudidaya ikan, karena berat tubuh yang di hasilkan lebih besar di bandingkan ikan lele lokal dimana perbandingnya, ikan lele dumbo umur 2 bulan lebih besar 2 x dibandingkan ikan lele lokal umur 1 tahun .

  3. Dari sisi fisik ikan lele dumbo hampir sama dengan ikan lele lokal yang mempunyai warna hitam. Dimana ikan lele dumbo mempunyai patil sama seperti ikan lele lokal namun tidak beracun, dari sisi daging ikan tersebut mempunyai daging yang lembek, dari beberapa konsumen mengatakan tidak enak dan lebih enak ikan lele lokal.
  4.  Ikan lele Sangkuriang

    Ikan lele sangkuriang merupakan salah satu jenis ikan yang dikeluarkan oleh departemen kelautan dan perikanan pada tahun 2004, dimana ikan ini sudah di teliti dari tahun 2002 oleh Balai Besar pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPAT). Ikan lele ini hasilkan atas dasar penurunan kualitas ikan lele dumbo, yang di sebabkan kesalahan dalam penyilangan ikan tersebut, dan akhirnya menghilangkan sifat sifat unggul pada ikan tersebut.

    Ikan lele sangkuriang dihasilkan dari persilangan lele dumbo generasi ke-2 atau F2 dan lele dumbo jantan F6. Dari hasil perkawinan ikan lele sangkuriang dihasilkan sifat sifat unggul, dimana kemampuan dalam bertelur hingga 40.000-60.000 butir sekali pemijahan. Tidak hanya itu ikan lel sangkuriang tahan terhadap berbagai penyakit dan dapat di pelihaara dengan air minim. Beberapa konsumen mengatakan ikan lele sangkuriang mempunyai daging yang lebih enak.

Berbagai jenis jenis ikan lele budidaya menjadikan salah satu factor penting untuk tahu, ikan lele mana yang mempunyai sifat sifat unggul dan kualitas terbaik dalam budidaya.

Jenis Jenis Ikan Lele Budidaya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: awaludin pro

0 comments:

Post a Comment