Sunday 25 October 2015

Cara Menanam Semangka Dalam Polybag

Cara menanam semangka dalam polybag adalah salah satu solusi bagi anda yang ingin menanam namun kesulitan lahan , dengan polybag ini tentu akan memberikan tempat yang relative kecil dan mampu menjadi tanaman hias. Semangka adalah salah satu jenis buah yang emmpunyai bentu bulat dengan rasa manis, bagian luar berwarna hijau dan bagian dalam daging berwarna merah .

Cara Menanam Semangka Dalam Polybag


Semangka mampu tumbuh dengan baik ketika mendaptkan tanah yang mempunyai unsur yang bagus, dan mampu tumbuh di berbagai maca dataran baik dataran tinggi maupun rendah. Penanaman semangka sebaiknya terkena sinar matahari secara langsung dari pagi hingga sore. 

Pemilihan Benih Semangka dalam polybag.

Pemilihan benih semangka mempunyai peran penting, karena dengan semangka kualitas unggul mampu menghasilkan semangka yang mempunyai rasa manis dan daging tebal . pada umumnya benih semanga terdapat 2 varietes yaitu variestes lokal dan hibrida dimana lokal dibudidayakan di dalam negeri dan hibrida di luar misalnya china, Thailand dan jepang .

Dalam pemilihan benih sebaiknya menggunakan benih dalam negriu karena sudah di jamin benih tersebut , sudah sesuai dengan iklim Indonesia dan tanah Indonesia tentu akan menghasilkan buah yang unggul, sekarang tergantung bagaimana anda merawat dan menanam benih tersebut.

Penyemaian Benih Semangka

Tahap penyemaian adalah tahap yang penting, karena benih semangka sebaiknya atau sangat baik untuk disemai dulu bari ditanam langsung ke media polybag. Untuk penyemaian membutuhkan kantong polybag yang berukuran 7x9 cm . tahap penyemaian membutuhkan media dengankomposisi kecukupan uncur hara biasanya, campuran media menggunakan kotoran hewan dan campuran tanah . di campur hingga rata dan di masukan kedalam kantong penyemaian dengan padat .

Sebelum benih dimasukan kedalam kantong penyemaian sebaiknya, benih di rendam dengan air hangatt, dan ambil bening yang tenggelam sebaliknya buang benih yang mengapung, karena benih yang mengapung adalah kosong . setelah proses seleksi benih , lalu benih di masukan kedalam polybag penyemaian dengan kedalaman 3-5 cm saja . lakukan penyiraman dan perawatan sampai berumur 1-2 minggu, dengan ketentuan sudah membuat daun 3-4 daun, maka tanaman semangka siap ditanam kedalam polybag budidaya.

Penyiapan Media Tanam Semangka Dalam Polybag

Perispaan media tanam ini , hal yang terpenting adalah media yang di gunakan , pada umunya campuran media budidaya ini menggunakan beberapa campuran yaitu campuran tanah, kompos, pupuk kandang, sekam padi, arang sekam, EM4 dan sisa sayuran . lalu campuran tersebut di kompos beberap[a hari semakin lama semakin bagus hasilnya.

Persiapan lainya adalah kantong budidaya , kantong ini biasanya berukuran lebih dari 30 cm, semakin besar semakin bagus karena mempunyai fungsui untuk menahan pohon semangka tersebut. Setelah semuanya siap masukan media tanaman tadi kedalam kantong plastic dengan padat . 

Pemindahan Benih Semangka Ke Media Polybag.

Setelah benih semangka melakukan proses penyemaian dengan bibit yang sudah muncul daun 3-4 daun , lalu proses selanjunya dipindahkan kedalam media budidaya yang sudah dipadatkan dengan media tanam tadi . buat lobang pada media budidaya dengan ketinggian 5 cm , allau masukan benih penyemaian dengan tanah kedalam lobang tersebut samapi rata .

Pemindahan media tanam sebaiknya dilakukan pada sore hari , karena ketika pagi hari akan layu namun tidak paa sore hari. Lalu lakukan perataan tanah pada media budidaya yang sudah di beria benih penyemaian.

Pemeliharaan dan Perawatan Semangka Dalam Polybag

  • Pemupukan : lakukan penambahan pemupukan rutin setiap seminggu sekali , dengan bahan campuran kotoran hewan, EM4 dan sisa sayuran organik , ini akan menghasilkan pupuk yang bagus untuk buah semangka .
  • Penyiraman : lakukan penyiraman 2-3 hari rutin , dan sesekali campur dengan pupuk cair atau POC .
  • Hama dan Penyakit : selalu lakukan pengecekan rutin setiap hari, apakah tanaman semangka terkena hama atau penyakit, lakukan penyembuhan dengan bahan bahan organic, dan lakukan pencegahan pada hama.

Cara Menanam Semangka Dalam Polybag Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment