Sunday, 25 October 2015

Cara Menanam Cabe Dalam Polybag

Cara menanam cabe dalam polybag adalah salah satu solusi bagi anda yang ingin menanam cabe namun tidak ada lahan yang cukup luas. Cabe merupakan salah satu komoditas utama atau unggulan bagi masyarakat Indonesia, tidak hanya itu cabe juga menjadi kebutuhan utama bagi ibu rumah tangga untuk keperluan memasak, karena ketika memasak tanpa cabe rasa kuras pas.

Cara Menanam Cabe Dalam Polybag


Menanam cabe bagi daerah perkotaan tentu menjadi hal yang sulit karena cakupan lahan yang kurang, dan tidak adanya tempat namun dengan polybag ini menjadi solusi bagi anda. Cara menanam cabe dalam plybag itu mudah dan tidak sulit , karena cabe bisa di tanam di berbagai dataran, dataran tinggi maupun rendah .

Cabe yang paling gampang dalam penanamanya adalah cabe kriting, cabe ini tahan terhadapat iklim tropis namun keutnungan lainya adalah cabe ini mempunyai rasa yang pedas, dengan rasa yang pedas ini tentu banyak orang yang suka dan laris di pasaran.

Pemilihan Benih Cabe Kriting

Benih cabe kriting dipasaran tentu mempunyai banyak varietas dari hibrida hingga lokal. Namun dari banyaknya varieties tidak ada perbedaan yang mencolok antara varieties tersebut. Missal varieties lokal yang di tanam di daerah Rembang, kudus, Sumatra dan lainya . untuk variestes Hibrida berasalh dari luar negera yaitu Thailand, jepang dan china.

Dalam pemilihan benih sebaiknya menggunakan benih lokal yaitu yang berasal dari negeri sendiri, karena sudah terbukti dengan iklim yang ada di Indonesia mampu bertahan dan berkembang.

Penyemain Benih Cabe Kriting

Cara menanam cabe dalam polybag ini tidak harus langsung ditanam dalam pot atau polybag namun harus di semai dulu dalam pot yang lebih kecil, biasanya penggunaan polybag ini berukuran 7x9 cm . tahap penyemaian ini menggunakan bahan kompos yang terdiri dari kotoran hewan dan tanah, hal ini tentu sangat bagus dalam tahap ini.
Penyemaian cabe dalam polybag


Sebelum benih di masukan kedalam polybag penyemaian sebaiknya benih di masukan kedalam air hangat dan ambil benih yang tenggelam saja karena benih yang mengapung menandakan benih tersebut tidak berisi atau kosong. Setelah di ambil yang tenggelam masukan 1 benih ke 1 polybag penyemaian dengan kedalaman 3 – 5 cm saja. Tunggu sampai 1-2 minggu sampai muncul 3 – 4 daun penyemaian siap di pindahkan ke polybag budidaya.

Penyiapan Media Tanam Cabe Kriting

Pemilihan Kantong polybag yang besar tentu sangat berguna sekali dalam menanam cabe dalam polybag, karena dalam proses budidaya ini polybag penyemaian akan di tanam ke polybag budidaya. Biasanya menggunakan polybag yang berukuran lebih dari 30 cm, ini berfungsi agar polybag mampu menompang tanaman cabe dewasa nanti .

Pembuatan media tanam untuk menanam cabe mempunyai peranan yang penting karena jika kebanyakan tanah juga tidak bagus dan juga sebaliknya jika kebanyakan kompos juga tidak bagus tentu harus seimbang antara keduanya . campuran biasanya menggunakan campuran tanah, kompos, pupuk kandang, sekam padi, arang sekam, EM4 dan lainya. Aduk semua bahan setelah di aduk sebaiknya di kompos dulu dalam beberapa hari agar hasil media yang di hasilkan lebih bagus.

Pemindahan Bibit Cabe Kriting

Setelah bibit tanam siap dipindah dengan syarat sudah muncul 3-4 daun dan berumur kira kira 1-2 minggu, maka bibit siap dipindahkan ke polybag budidaya. Sebaiknya pemindahan bibit ini di sore hari karena jika pagi atau siang akan kepanasan oleh matahari berakibat bisa layu dan mati. Lakukan pemindahan bibit dengan hati hati , galih lobang polybag budidaya sedalam 5-6 cm saja, lalau buka plastic penyemaian dan masukan kedalam lubang polybag budidaya. Masukan dengan tanah yang ada di plastic penyemaian dan ratakan dengan hati hati.

Cara Menanam Cabe Dalam Polybag


Pemeliharaan dan Perawatan Cabe Kriting

Dalam emeliharaan dan perawatan dalam menanam cabe dalam polybag beberapa hal harus di perhatikan yaitu : ·

  • Pemupukan, berikan pemupukan tambahan dengan kotoran hewan dalam waktu 1 minggu sekali secara rutin untuk hasil yang maksimal. Tidak disarankan menggunakan kimia karena kita bertani organic. · 
  •  Penyiraman, penyiraman tanaman cabe sebaiknya di lakukan 2 – 3 hari sekali, dab di selingi dengan air beras yang akan membuat tanaman cabe lebih bagus. · 
  •  Hama dan Penyakit, Penggunaan petisida kimi sebaiknya di kurang , untuk penanggulan organic bisa menggunakan bahan – bahan organik .

Cara Menanam Cabe Dalam Polybag Rating: 4.5 Diposkan Oleh: awaludin pro

0 comments:

Post a Comment