Monday 26 October 2015

Cara Menanam Sawi Dalam PolyBag

Cara menanam sawi dalam polybag merupakan solusi terbaik bagi anda yang tidak mempunyai lahan luas dan kondisi lahan yang tidak memungkinkan. Walapun penanaman dalam polybag kesuburan tanah pada media juga mempunyai kesuburan yang bagus, karena terbuat dari media media yang sesuai untuk menanam sawi. Sawi adalah salah satu jenis sayuran yang banyak orang menyukainya, daun yang berwarna hijau dan batang berwarna hijau muda. Untuk peluang sayuran sawi ini cukup bagus karena sayuran ini mempunyai nutrisi untuk tubuh kita.
Cara Menanam Sawi Dalam PolyBag


Penanaman sawi dalam polybag bisa dilakukan dengan lahan sempit. Menanam sawi pun bisa di lakukan disemua dataran baik dataran tinggi maupun rendah, yang terpenting adalah bagimana kita merawat dan memlihara sayuran sawi tersebut.

Pemilihan Benih Sawi

Pemiliha benih yang unggul mempunyai peran penting dalam menanam sawi, karena benih yang unggul akan menghasilkan sawi yang bagus dan berkualitas. Pada umunya benih sawi mempunyai 2 jeni yaitu jenis lokal yang terbuat dari dalam negri dan benih hibdrida yang terbuat dari luar yaitu china, jepang dan Thailand.

Namun disini kami menyarankan untuk memilih benih dalam negri karena benih tersebut sudah sesuai dengan kondisi tanah lokal tentu akan menghasilkan sawi yang unggul.

Penyemaian Beni Sawi Dalam Polybag

Tahap penyemaian merupakan tahap terpenting, dimana penyemaian berfungsi untuk menumbuhkan sawi dari benih hingga siap di pindahkan ke polybag budidaya. Proses yang pertama di lakukan sebelum penyemaian adalah pembuatan media penyemaian yang terbuat dari tanah, kotoran hewan, dan EM4 . setelah bahan tercampur maka selanjutnya siapkan kantong polybag yang berukuran kecil biasanya berukuran 7-9 cm . lalu penyemaian padatkan media penyemaian kedalam kantong polybag, setelah padat pindahkan benih sawi unggul kedalam media penyemaian dengan kedalaman 3-5 cm . Penyemaian yang berhasil di tandai dengan tumbuhnya bibit sawi dalam waktu 1-2 minggu, dan sudah tumbuh daun 3-4 daun abadi , ini menjadikan bibit siap dipindahkan kedalam media budidaya atau media tanam.

Penyiapan Media Tanam Sawi Dalam Polybag

Tahap selanjutnya adalah persiapan media tanam, dimana tahap ini dalam cara menanam sawi dalam polybag adalah hal penting. Untuk membuat media tanam bahan bahan yang di perlukan yaitu campuran tanah, dedak, air kelapa, kapur, kotoran hewan dan dicampur dengan EM4. Agar hasil yang didapat lebih bagus maka sebakinya di kompos dulu beberapa hari agar terjadi pembusukan yang membuat media siap diberi bibit sawi.
Cara Menanam Sawi Dalam PolyBag


Persiapan lainya yang tak kalah penting adalah persiapan kantong polybag, dimana kantong ini harus berukuran agak besar, biasanya menggunakan ukuran 30 cm atau lebih, dan lebih besar lebih bagus karena akan kuat menahan tanaman sawi tersebut .

Pemindahan Bibit Sawi Ke dalam Polybag

Proses pemindahan bibit ini dilakukan ketika bibit penyemaian sudah berumur 1-2 minggu dan sudah memunyai daun abadi yaitu 3-4 cm. untuk cara pemindahanya yaitu buka plastic penyemaian, dan buat lubang pada media polybag budidaya setekah tu masukan bibit penyemaian dengan tanahnya sekaligus, lalu padatkan .

Proses pemidahan ini sebaiknya dilakukan pada sore hari, karena ketika dimasukan pada pagi hari akan terkena sinar matahari lebih banyak dan menyebabkan tanaman bisa layu dan mati .

Pemeliharaan dan Perawatan Sawi dalam Polybag.

Tahap terakhir dalam cara menanam sawi dalam polybag ini, menjadkan tahap yang krusial, ketika anda merawat dan memelihara dengan baik maka akan dihasilkan sayuran sawi yang unggul .

  • Pemupukan : pemupukan dilakukan untuk menambah nutrisi pada tanah tanaman tersebut, pemupukan dengan kotoran hewan dilakukan 1 minggu sekali.
  • Penyiraman : penyiraman dilakukan dalam waktu 2-3 hari secara rutin dan sesekali diberi pupuk organic cair untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus.
  • Hama dan Penyakit : sebaiknya sebelum penanaman dilakukan pencegahan, agar dalam proses tumbuh sawi tidak merusak tanaman tersebut, jika hama atau penyakit menyerang sawi tersebut segeralah lakukan tindakan dengan cepat.

Cara Menanam Sawi Dalam PolyBag Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 comments: