Tuesday 27 October 2015

Cara Budidaya Tanaman Azolla Dalam Kolam

Cara budidaya tanaman azolla sangat mudah semua orang bisa membudidayakan tanaman ini karena hanya membutuhkan air yang menggenang dalam kolam saja. Namun sebelum dilanjutkan kita perlu lebih tahu menggenai tanaman azolla ini , tanaman azolla adalah tumbuhan paku pakuan dimana tumbuhan ini hidup di perairan atau dapat tumbuh di permukaan air.azzlola mempunyai banyak spesies diantaranya olla caroliniana, Azolla filiculoides, Azolla mexicana, Azolla microphylla, dan maish banyak lagi .

Cara Budidaya Tanaman Azolla Dalam Kolam


Kandungan yang ada pada azolla mempunyai kandungan yang bagus , dianatarnya kandungan karbonhidrat dan lemak sangat rendah. Nutrisi yang terkandung pada tanaman azolla ini tentu sangat bagi dan efektif untuk pakan ternak ikan dan ternak, dengan kandungan protein tinggi dan lignin renda mudah icernakan.

Cara Budidaya Tanaman Azolla Dalam Kolam

Dalam proses budidaya hal hal yang harus dilakukan pun mudah, anda bisa menyiapkan dahulu kolam budidaya bisa permanent yaitu dengan menggunakan kolam semen atau semi permanent yang menggunakan terpal. Setelah kolam dibuat maka langkah selanjutnya untuk sebagai dasar, anda bisa menambahkan tanah dan kotoran hewan dengan perbandingan 1:1 ini berfungsi sebagai pupuk organiknya, untuk tambahan tambahkan pupuk SP 36 dengan berat cukup 3,6 gramm saja, langkah yang terakhir yang harus anda lakukan adalah pengisian air pada kolam budidaya, anda bisa menambahkan air dengan ketinggan sekitar 10 cm, langkah langkah setelah semua dilakukan untuk itu anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya .

Penebaran Benih Tanaman Azolla Dalam Kolam

Penebaran benih dalam proses budidaya tanaman mempunyai hal yang penting namun jika dilakukan dengan yang cara benar maka akan menghasilkan tanaman yang bagus, berikut tahapan tahapan dalam penebaran benih : 
  • Taburkan bibit azolla dengan takaran 50-70 gr/m2 
  • Biarkan tanaman azolla selama 2 minggu namun anda harus menjaga ketinggian air. 
  • Agar pertumbuhan tanaman azolla lebih maksimal bisa anda tambahakan pupuk organic cair, dengan tambah maka tanaman azolla akan tumbuh subur dan bagus 
  • Tahap tumbuhkembang setelah proses penambahan pupuk selama 2 minggu 
  • Pemanenan bisa dilakuka jika tanaman azolla sudah terlihat tebal dan banyak anakan.

Cara Budidaya Tanaman Azolla Dalam Kolam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment